Salam SOLIDARITY FOREVER !

Hello guys buat postingan pertama gua tentunnya gua mau ngomongin apa itu teknik mesin?? belajar apa saja di teknik mesin?? prospek kerjanya bagaimana??

Kalo kalian bertanya2 siapa gua?? tentunya gua (sekarang) mahasiswa teknik mesin. tapi gua baru 1 tahun di teknik mesin. So kalo ada salah mohon beritahu gua oke dan “bawa santai saja”. Gua sengaja bikin blog kaya gini biar sekalian belajar juga dan sharing ilmu ūüėÄ

Teknik Mesin

Hmmm.. mendengar kata teknik mesin apa yang ada di benak kalian? Otomotif? Bengkel? Oli?

Jawaban itu tidak salah! tapi kurang. Itu hanya sebagian kecil yang dipelajari teknik mesin. Teknik mesin itu sangatlah luas dan Buas. Luas karena kalian belajar segala hal dan tentunya bisa kerja dimana-mana. Buas karena katanya mata kuliahnya gilaaa susah dan emang bener susah banget :v. Selain itu di Univ gua teknik mesin termasuk dalam kategori lulusnya paling lama. hahaha yok kembali pada jalan yg benar

Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi.

Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan.Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif. Teknik mesin biasanya terdiri dari :

1.Perancangan Mekanik dan Konstruksi
2.Proses Manufaktur dan Sistem Produksi
3.Konversi energi
4.Ilmu Bahan / Metalurgi

Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Kemudian pada abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan ilmu fisika. Ilmu teknik mesin pun semakin canggih, dan para insinyurnya sekarang mengembangkan diri di bagian komposit, mekatronika, dan nanoteknologi. Ilmu ini juga mempunyai hubungan dengan teknik penerbangan, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan, dan teknik kimia.  

Subdisiplin Ilmu

Cabang teknik mesin terdiri dari banyak subdisiplin ilmu lainnya. Beberapa subdisiplin ilmu ini diajarkan di perguruan tinggi di tingkat sarjana (S1). Beberapa dari mereka memang khusus untuk teknik mesin dan beberapa lagi merupakan gabungan dari teknik mesin dengan teknik lainnya. Tapi tidak semua universitas subdisiplin ilmunya seperti yang gua paparin ya. Bisa di cek di tiap Universitas masing-masing (ini hanya gambaran). Berikut adalah subdisiplin dari Teknik Mesin; 
1.Mekanika
Mekanika adalah bidang ilmu yang mempelajari gaya dan efeknya pada suatu benda. Secara khusus, mekanika digunakan untuk menganalisis dan memprediksi akselerasi dan deformasi (keduanya elastis dan plastis) dari suatu benda.  
2.Kinematika 
Kinematika adalah ilmu yang mempelajai pergerakan dari suatu benda dan sistem, tanpa mempedulikan gaya yang menyebabkan pergerakan itu. Osilasi dari piston dalam mesin adalah salah satu contoh sistem kinematika sederhana. 
3.Mekatronika dan Robotika
Mekatronika adalah cabang antarilmudisiplin yang menggabungkan teknik mesin, teknik listrik, dan rekayasa perangkat lunak. Dalam hal ini, mesinnya beroperasi secara otomatis melalui penggunaan motor elektrik, servo-mekanisme, dan perangkat eletrikal lainnya dengan penggunaan software khusus. Contoh sistem mekatronika yang paling umum adalah CD-ROM drive. Sistem mekanikal membuka dan menutup drive-nya, memutar CD dan memindah-mindahkan posisi laser, dengan sistem optik membaca data yang ada di CD dan mengubahnya ke bit. Perangkat lunak terintegrasi mengontrol proses tersebut, dan menghubungkan isi dari CD ke komputer.
Robotika adalah aplikasi dari ilmu mekatronika untuk menciptakan sebuah robot, yang biasanya sudah sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas berbahaya, tidak menyenangkan, atau juga tugas yang diulang-ulang. Robot ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran, semuanya sudah diprogram terlebih dahulu. Seorang insinyur biasanya akan memakai ilmu kinematika dan mekanika dalam menciptakan sebuah robot. 
4.Analisis Struktural
Analisis struktural merupakan cabang dari ilmu teknik mesin (dan juga teknik sipil) yang digunakan untuk melihat mengapa dan bagaimana suatu objek mengalami kegagalan. 
5.Termodinamika
Termodinamika adalah ilmu yang digunakan di beberapa ilmu teknik, termasuk tenik mesin dan teknik kimia. Termodinamika mempelajari energi, penggunaannya, dan cara mengubahnya melalui sistem. Lebih spesifik, termodinamika di dalam teknik lebih mengedepankan bagaimana mengubah energi yang satu ke energi lainnya. Contohnya, mesin mobil mengubah energi kimia yang ada dalam bahan bakar menjadi energi panas, dan kemudian diubah lagi menjadi energi gerak yang akan menggerakkan roda mobil.  

Ilmu Yang Dipelajari

Mahasiswa Teknik Mesin selain harus dapat menguasai dasar dari ilmu pasti (matematika, fisika, kimia), mereka juga harus memahami berbagai konsep termasuk mekanika, kinematika, termodinamika dan energi. Bidang kajian dalam Teknik Mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Selain itu, dalam Teknik Mesin juga dipelajari sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, atau puntiran.

Buat kalian yg mau teknik mesin siap-siap nih di bagian TERMODINAMIKA dan MEKANIKA (FLUIDA). Harus siap tempur.. soalnya ini adalah pelajaran tersulit (menurut gua) terbukti >30% angkatan gua TERMODINAMIKA nya ga lulus. Malah angkatan atas ada juga yang ngulang sampe beberapa kali. hiiii…. ¬†Tapi disinilah pelajaran yang sangat penting buat lo biar bisa mengerti kenapa teknik mesin bisa bekerja di Perusahaan Oil & Gas dan Pembangkit Listrik. Udahlah kalem jangan gara2 ini jadi keok :v ada pepatah mengatakan YANG PENTING LULUS dapet C aja udah syukur wkwk

Prospek Lulusan Teknik Mesin

Sejalan dengan perkembangan sektor industri nasional, kebutuhan akan lulusan Teknik Mesin yang dapat menangani alat-alat industri yang ada juga akan meningkat. Seorang lulusan Teknik Mesin dapat menempati posisi pekerjaan di berbagai bidang seperti :
1. Bidang Perawatan Mesin
Produksi dari suatu perusahaan sangat bergantung pada perawatan mesin-mesin produksi maupun pada energi yang menggerakkan mesin-mesin produksi. Dari mulai pelumasan penggantian suku cadang yang sudah rusak sampai kepada pengontrolan produksi, semua itu dilakukan oleh seorang lulusan Teknik Mesin.
2. Bidang Industri Alat Berat
Lulusan Teknik Mesin dapat bekerja di industri alat-alat berat dan menempati posisi di berbagai divisi yang ada seperti divisi pengecoran, divisi rangka dan komponen, divisi perakitan, dan divisi desain.
3. Penguji Spesimen Produksi
Pada bidang ini seorang lulusan Teknik Mesin bertugas menguji spesimen hasil produksi, dan menentukan proses yang tepat untuk menghasilkan bahan dengan kekuatan sesuai kebutuhan penggunaannya.
4. Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
Di berbagai departemen pemerintahan pusat riset dan pengembangan teknologi milik pemerintah, seperti BPPT dan IPTN. Lulusan teknik mesin juga dapat berprofesi sebagai dosen baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
5. Bidang Lainnya
Lulusan Teknik Mesin juga bisa bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina juga selalu membutuhkan lulusan Teknik Mesin. Lulusan Teknik Mesin juga dapat berprofesi sebagai konsultan bagi perusahaan-perusahaan manufaktur, dan lain-lain.

Jurusan Teknik Mesin yang ada di Indonesia:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2.  Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3.  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  4.  Universitas Andalas
  5.  Universitas Brawijaya
  6.  Universitas Diponegoro
  7.  Universitas Gadjah Mada
  8.  Universitas Gunadarma, Depok
  9.  Universitas Indonesia
  10.  Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
  11.  Universitas Kristen Petra, Surabaya
  12.  Universitas Pancasila, Jakarta
  13.  Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  14.  Universitas Trisakti
  15.  Universitas Udayana (UNUD)

(SORRY KALO GA SEMUA DITULIS)

Info Bonus

Terakhir gua lupa.. kalo mau masuk teknik mesin siap2 “kekeringan dan gersang”. kenapa? soalnya jarang ada cewek (ceweknya dikit). Tapi kalo lo cewek, disini bakalan kayak ratu lah pokonya. Buat cowok sekeliling kalian berbatang wkwk

foto

Silahkan apabila ada yang mau ditanyakan untuk SMA ataupun Mahasiswa, harap bertanya di kolom komentar ūüôā

Sumber: MIT Departement of Mechanical Engineering, http://wahyuwega.blogspot.co.id/2014/04/mengenal-teknik-mesin.html

Sumber Gambar : http://www.shximai.com/data/out/84/67476690-gear-wallpapers.jpg, https://perspolinema.wordpress.com, http://lesprivatbigbang.com/jurusan-teknik-mesin/

Advertisements